Bagi Anda pengguna browser Mozilla Firefox, untuk dapat Login klik kata “User Name” dan kata “Password” agar dapat mengisi box User Name dan Password.

Tax News Flash

Bagaimana membuat dan mempersiapkan SPT Tahunan PPh untuk WP yang tergolong sebagai WP-UKM..? Baca selengkapnya di sini.

PTKP Terbaru 2013

Tanggal 22 Oktober 2012 yang baru lalu, jika melihat tanggal penetapannya, Menteri Keuangan baru saja menerbitkan peraturan tentang penyesuaian besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Peraturan ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu sejak beberapa bulan lalu semenjak santer diberitakan bahwa Pemerintah berniat meningkatkan besaran nilai PTKP.

Peraturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 162/PMK.011/2012 tanggal 22 Oktober 2012. Seperti yang saya sampaikan di awal tulisan, ini adalah peraturan terbaru mengenai penyesuaian besaran PTKP. Seperti yang ditegaskan dalam Pasal 3 PMK tersebut, PTKP yang terbaru ini mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2013. Artinya mulai diberlakukan untuk penghitungan PPh orang pribadi mulai tahun pajak 2013.

Berdasarkan ketentuan Pasal 1 PMK tersebut jumlah atau besaran nilai PTKP mulai 1 Januari 2013 disesuaikan sehingga menjadi sebagai berikut:

  • Rp 24.300.000,00 (dua puluh empat juta tiga ratus rupiah) untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;
  • Rp 2.025.000,00 (dua juta dua puluh lima ribu rupiah) tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;
  • Rp 24.300.000,00 (dua puluh empat juta tiga ratus rupiah) tambahan untuk seorang istri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) UU PPh;
  • Rp 2.025.000,00 (dua juta dua puluh lima ribu rupiah) tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan Wajib Pajak sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

PTKP yang disesuaikan ternyata bukan hanya untuk diri Wajib Pajak pribadi saja tetapi juga PTKP untuk status kawin dan tambahan PTKP untuk anggota keluarga. Sebelumnya PTKP untuk kedua kelompok ini Rp 1.320.000,00 [lihat Pasal 7 ayat (1) UU PPh].

Dengan demikian, mulai tahun pajak 2013 nanti akan semakin besar jumlah penghasilan kita yang bebas PPh. Terutama bagi kita yang berstatus sebagai Pegawai Tetap. Sebab selain PTKP di atas, ada juga biaya yang boleh kita kurangkan dari penghasilan bruto yang namanya Biaya Jabatan. Tapi harap diingat, Biaya Jabatan ini hanya berlaku untuk penghitungan PPh Pasal 21 karyawan atau pegawai tetap saja.

Bagi Anda yang membutuhkan tabel PTKP tersebut dan PMK-nya, silakan download di sini.

 

Terima kasih,

Rahmat

Penulis

Share

Login to...

Kurs Fiskal Minggu Ini

lazada.co.id